Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)

PTKP atau Penghasilan Tidak Kena Pajak hanya diberikan kepada Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri dan berfungsi sebagai pengurang penghasilan neto saat penghitungan PPh terutang.

PTKP adalah bagian dari penghasilan neto yang tidak dikenakan PPh sampai jumlah tertentu.  Besarnya PTKP mulai tahun pajak 2009 adalah:

  • Rp 15.840.000,- khusus untuk WP yang bersangkutan;
  • Tambahan Rp 1.320.000,- yang diberikan kepada WP orang pribadi yang sudah kawin;
  • Tambahan Rp 1.320.000,- untuk setiap anggota keluarga sedarah maupun semenda, termasuk anak angkat, yang menjadi tanggungan WP orang pribadi yang bersangkutan dengan jumlah maksimal 3 orang; dan
  • Tambahan Rp 15.840.000,- apabila penghasilan istri digabung dengan penghasilan WP orang pribadi yang bersangkutan.

Penerapan PTKP dilihat pada kondisi WP per 1 Januari tahun pajak yang bersangkutan.  Misalnya ketika WP orang pribadi belum menikah hingga tanggal 1 Januari 2011, maka untuk penerapan PTKP selama tahun pajak 2011 tersebut status WP orang pribadi tadi masih dianggap belum menikah.  Begitu juga misalnya ketika seorang anak lahir setelah tanggal 1 Januari 2011, maka anak tersebut tidak dapat diperhitungkan sebagai tambahan PTKP selama tahun pajak 2011.

8 comments

    1. Pak Wisnu, PTKP itu penghasilan yang tidak dikenakan pajak (PPh). Jadi kalau kita dapat penghasilan Rp 24 juta, misalnya, maka tidak semuanya dikenakan PPh tetapi dikurangi dulu dengan PTKP. Jadi yang akan dikenakan PPh itu = Rp 24 juta (-) PTKP. Besarnya PTKP bisa Bapak lihat di PMK No. 162/PMK.011/2012 dan SE-51/PJ/2012. Terima kasih.

    1. »R: Dalam konteks PPh Pasal 21 misalnya, bisa saja wanita kawin dapat tambahan PTKP untuk suami dan anggota keluarga. Coba lihat Pasal 10 ayat (6) PMK No. 252/PMK.03/2008, di situ dinyatakan bahwa bagi karyawati kawin bisa saja mendapat tambahan PTKP bagi suami dan anak-anaknya asalkan ada keterangan tertulis dari Pemda setempat, minimal dari Kecamatan.

      Terima kasih.

Want to Comment...?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s