Kenali Diri, Pilih SPT Tahunan PPh Yang Tepat

Tidak terasa, sekarang sudah menjelang akhir tahun 2011.  Sebelum lupa, saya ingin mengucapkan Selamat Natal 2011 dan Tahun Baru 2012 buat pembaca dan pengunjung blog saya ini.

Buat sebagian orang, akhir tahun ini biasanya digunakan untuk berlibur.  Banyak kawan-kawan saya yang sengaja hanya mengambil cuti di akhir tahun agar supaya bisa liburan bersama keluarga karena biasanya berbarengan dengan libur sekolah putra-putrinya. Namun bagi sebagian orang, akhir tahun ini biasanya digunakan untuk menyiapkan segala sesuatunya untuk pelaporan SPT Tahunan PPh, baik SPT milik perusahaan tempat mereka bekerja atau malah SPT miliknya sendiri karena yang bersangkutan sudah ber-NPWP.

Meski batas akhir pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi masih relatif lama, yaitu sampai akhir bulan Maret 2012 nanti, namun tidak ada salahnya jika mulai sekarang kita mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pengisian SPT Tahunannya nanti.  Dan salah satu yang perlu disiapkan adalah formulir SPT Tahunan PPh Orang Pribadi yang akan kita gunakan.

Pada waktu memilih jenis formulir SPT Tahunan inilah biasanya Wajib Pajak orang pribadi bingung menentukannya.  Sebab sekarang ‘kan ada tiga jenis formulir SPT Tahunan PPh untuk orang pribadi, yaitu:

  1. Formulir 1770;
  2. Formulir 1770-S; dan
  3. Formulir 1770-SS.

Ketiga jenis formulir SPT Tahunan PPh itu diperuntukkan untuk Wajib Pajak orang pribadi yang berbeda.  Dan Wajib Pajak harus benar-benar tahu mana formulir yang harus mereka gunakan.

Saya punya alat bantu untuk menentukan jenis formulir SPT Tahunan PPh tersebut.  Bentuknya file chm (WinHelp).  Wajib Pajak cukup menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dan nanti akan ketahuan formulir SPT Tahunan PPh yang mana yang harus digunakan.  Jika Anda butuh dengan ‘alat bantu’ ciptaan saya tersebut silakan klik di sini.  Nanti, setelah di-download, ubah ekstensi .xlsx-nya dengan .chm (Jadi nama filenya: Alat Test 1770.chm). Mudah-mudahan ‘alat bantu’ ini bisa berguna buat Anda dan kawan-kawan… :)

–(O)–

Pamulang, 25 Desember 2011

Selamat Natal 2011 & Tahun Baru 2012

Want to Comment...?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s