Mengenal SPT Tahunan PPh Orang Pribadi

Musim pembuatan dan juga pelaporan SPT Tahunan PPh sudah dimulai. Mulai Januari 2012 ini, semua WP Orang Pribadi sudah harus mempersiapkan SPT Tahunan PPh masing-masing untuk nantinya dilaporkan ke KPP setempat paling lambat tanggal 31 Maret 2012.

Seperti dijelaskan dalam surat Direktur Jenderal pajak nomor S-181/PJ./2011 tanggal 25 Agustus 2011, formulir SPT Tahunan PPh untuk tahun pajak 2011 bagi Wajib Pajak (WP) orang pribadi masih menggunakan formulir yang lama.  Formulir yang dimaksud adalah formulir SPT Tahunan PPh yang ditetapkan dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-34/PJ./2010 tentang Bentuk Formulir Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi Dan Wajib Pajak Badan Beserta Petunjuk Pengisiannya.

Formulir SPT Tahunan PPh untuk WP Orang Pribadi, terdiri dari 3 bentuk yaitu Formulir 1770, Formulir 1770S dan Formulir 1770SS.  Sebagai WP kita harus tahu benar formulir mana yang harus kita gunakan dari ketiga bentuk formulir tersebut.

Formulir 1770

Formulir 1770 harus digunakan oleh WP Orang Pribadi yang sebagian atau seluruh penghasilannya berasal dari usaha atau pekerjaan bebas (tidak semata-mata dari pekerjaannya sebagai pegawai).  Misalnya dokter yang nyambi membuka praktik/klinik sendiri, manajer pajak yang nyambi menjadi konsultan lepas (freelance), notaris, artis, sutradara dan beberapa profesional lainnya. Formulir 1770 tersebut bisa Anda unduh di sini.

Formulir 1770SS

Bagi WP Orang Pribadi yang tidak melakukan usaha atau pekerjaan bebas, mereka harus menggunakan Formulir 1770S atau 1770SS.  Tetapi keduanya tidak bisa sembarang dipilih karena ada beberapa kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi. Formulir 1770SS hanya boleh digunakan oleh WP Orang Pribadi yang memenuhi persyaratan berikut:

  • Memperoleh penghasilan hanya dari satu pemberi kerja (perusahaan).  Jadi bagi Anda yang sempat pindah-pindah kerja di tahun 2011, secara normatif sudah tidak diperkenankan lagi menggunakan SPT ini;
  • Jumlah penghasilan bruto tidak lebih dari Rp 60 juta setahun; dan
  • Tidak mempunyai penghasilan lain selain dari penghasilan bunga bank ataupun bunga koperasi.

Penghasilan yang dimaksud dalam konteks ini, adalah seluruh penghasilan baik yang diterima oleh WP maupun oleh keluarganya (istri maupun anak-anak).  Jadi misalnya Joko dalam tahun 2011 lalu bekerja hanya di satu perusahaan dan memperoleh penghasilan tidak lebih dari Rp 60 juta.

Jika misalnya Joko sudah menikah dan istrinya bekerja menjadi karyawati, atau istrinya mempunyai penghasilan selain bunga bank ataupun bunga koperasi, maka Joko sudah tidak boleh menggunakan Formulir 1770SS.  Demikian juga misalnya Jika Joko sudah punya anak dan anaknya memperoleh penghasilan dari menjadi bintang iklan, maka Joko malah sudah harus menggunakan Formulir 1770 (tanpa huruf S).  Formulir 1770SS tersebut bisa Anda unduh di sini.

Formulir 1770S

Formulir 1770S harus digunakan oleh WP Orang Pribadi yang hanya menjadi karyawan atau pegawai tetapi tidak memenuhi syarat untuk menggunakan Formulir 1770SS, yaitu:

  • Bekerja di lebih dari satu pemberi kerja (perusahaan), baik secara kontinyu atau pindah kerja;
  • Memperoleh penghasilan di atas Rp 60 juta; atau
  • Mempunyai penghasilan lain selain bunga bank atau bunga koperasi (tetapi bukan berasal dari usaha atau pekerjaan bebas) seperti misalnya mendapat warisan, mendapat hadiah undian, dlsb.

Formulir 1770S tersebut bisa Anda unduh di sini.

Gunakan Alat Bantu Test

Saya agak kesulitan menjelaskan secara detil mengenai syarat-syarat untuk penggunaan formulir SPT Tahunan PPh terutama Formulir 1770SS dan 1770S.  Sebab banyak sekali ‘if condition’ yang harus dijawab.  Oleh karena itu saya sudah membuat aplikasi sederhana dalam format .chm (WinHelp) yang bisa Anda unduh di sini.  Untuk kepentingan upload, ekstensi file saya ubah menjadi .xlsx.  Jadi nanti setelah selesai Anda unduh (download), file tersebut harus diubah dulu menjadi “Alat Test.chm”. Ini terpaksa saya lakukan karena saya belum tahu cara agar bisa meng-upload file berekstensi chm di WordPress ini.

Selamat mencoba… :))))

Pamulang, 9 Januari 2012.

2 comments

Want to Comment...?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s